TUGAS 1 IPS



Ini adalah tugas ips ku, smoga banyak yg mengunjungi hehehe
Ada 2 bab yang akan di posting yaitu bab ll dan bab lll pada mata pelajaran ips semester 2, nah kita bahas bab ll dulu
BAB III
Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
Kolonialisme yaitu suatu paham yang tujuannya menguasai suatu wilayah atau suatu bangsa lain yang bertujuan memperluas wilayah kekuasaan dan dijadikan suatu koloni.
            Imperealisme yaitu paham yang bertujuan untuk menjajah negara atau bangsa lain untuk mendapatkan suatu kekuasaan dan keuntungan dari imperealisme tersebut.  3 imperealisme kuno sebelum revolusi industri yaitu:
            a. Mendapatkan logam mulia (gold)
            b. Mendapatkan kejayaan terhadap bangsa (glory)
            c. Menyebarkan ajaran alkitab (gospel)
Berikut adalah urutan negara yang datang ke Indonesia, maaf ya kalau tidak tepat  dan masih kurang hehehe:D , yaitu mulai dari bangsa Spanyol, Bangsa Portugis, Bangsa Belanda, Bangsa Inggris, Negara Perancis dan Negara Jepang. Beikut saya akan menguraikan satu persatu negara yang pernah menjajah Indonesia.
1. Datangnya Bangsa Spanyol ke Indonesia
              Diawali oleh Columbus yang memulai penjelajahan ke dunia dan akhirnya menemukan kepulauan Hindia pada tahun 1492. Columbus saat mendarat di suatu daerah, dia mengira telah sampai di kepulauan Hindia yang sebagai daerah penghasil rempah-rempah, namun ternyatai dia baru sampai di Benua Amerika yaitu tepatnya di Kepulauan Bahama. Hingga daerah tersebut dianggap sebagai daerah jajahannya Spanyol. Saat sampai di wilayah Maluku, keberadaan Spanyol tidak berlangsung lama karen Portugis telah terlebih dahulu dikuasai oleh Portugis.

2. Dan Selanjutnya, Kedatangan Bangsa Portugis ke Indonesia
              Pelayaran bangsa Portugis dipimpin oleh Bartholomeus Diaz dan berhasil sampai di Tanjung Harapan di ujung selatan Benua Afrika. Kemudian pelayaran selanjutnya dipimpin oleh Vasco da Gama dan mendarat di Calicut India, pada tahun 1498. Kemudian setelah itu dari India, Portugis langsung cap cuzzz chin mengirim misi ekspedisi pelayaran ke timur pada tahun 1510 di bawah pimpinan Alfonso de Albuequerque. Dan akhirnya jeng jeng bangsa Portugis sampai di Ternat, Maluku pada tahun 1512. Setelah menguasai daerah timur, Portugis kemudian berlayar ke barat dan melebarkan syap perdagangan di wilayah barat.
Dan untuk yang ke 3 di lanjutin minggu depan yak hehehe sampai sini dulu posting ke dua ku. Kan ku lanjutin ke posting yg ke 3 ku....-_-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar